Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Apramada

Apramada adalah taat tanpa ketakaburan melakukan kewajiban dan mengamalkan ajaran-ajaran suci sebagaimana disebutkan apramada ini sebagai bagian dari Panca Nyama Bratha, yang dalam sesana pinandita, apramada ini sebagai salah satu kode etik agar seorang sulinggih senantiasa menjaga kesadaran itu sendiri dan tidak lalai dalam tugas dan kewajiban karena disebutkan kelalaian akan mengakibatkan dosa, malapetaka dan kehancuran. 

Kelalaian berarti tiada kesadaran. Meredupnya pancaran kesadaran berarti menebalnya kabut kegelapan yang menyelimuti sang jiwatman dalamkesadaran, yang selanjutnya membawa seseorang pada dosa dan papa. Kelalaian juga dapat menyebabkan malapetaka dan kehancuran. 

Orang sering lalai pada masalah-masalah yang tampaknya kecil namun bisa membawa resiko yang sangat besar. 

Ingatlah seperti virus, baksil dan bibit penyakit lainnya, yang tidak terlihat oleh mata telanjang, namun dapat membunuh berjuta umat manusia didunia.

Demikianlah hendaknya agar seseorang senantiasa selalu waspada dan berhati-hati baik dalam berpikir. Berkata dan perbuatan, baik terhadap yang kecil maupun hal yang besar resikonya. 

Ketidaklalaian atau apramada ini dapat digunakan untuk menjaga dan mengawasi seseorang agar selamat dalam hidupnya untuk menuju pada alam kesadaran. 

Karena ketidak lalaian berarti senantiasa menjaga kesadaran itu sendiri.
***