Buah Salak

Buah salak yang dinilai baik biasanya adalah salak yang memiliki rasa manis, tidak sepet, tidak masam dan halus daging buahnya. 

Di Bali, buah salak ini sebagai rangkaian dalam tetandingan banten disebutkan :
Sebagai simbul nunas Amertha Kamandalu, agar diberikan kekuatan fisik, akal dan budhi seperti halnya dijelaskan dalam penggunaannya pada celemik dalam canang merake yang biasanya dirangkai dengan buah lainnya berupa tebu, pisang serta beberapa jenis jajan.
Salak Bali yang legendaris sebagai oleh-oleh ini, dalam kutipan sebuah kisah cinta Ketemu ring Tampaksiring, ketika itu diceritakan :
Selesai melakukan persembahan, datanglah Van Steffen menghampiri Ni Luh Rai dan berkata :
“Nona Rai, saya minta maaf karena mengganggu nona dalam keadaan sibuk.” Asapunika Van Steffen ngawitin pangraosnyané, sapunapinésué ipun bengong natakin jagut ring kursi cing tutul genah ipun negak.
“Tidak, Tuan. Saya tidak sibuk. Saya juga minta maaf karena tempatnya begini kotor.” Saur Ni Luh Rai sada kenyem kimud sinambi nguntul.
“Tidak apa-apa Nona Rai. Saya sangat senang di mana-mana di Bali sini. Seumpama saya ada dalam mimpi. 
En…, kedatangan saya hari ini cuma buat antar ini oleh-oleh dari Besakih.” Tumuli Van Steffen nyerahang bungkusan madaging salak Nongan sané kasub kabecikanné, maduluran padang kasna lan getah cemara.
Demikian dikisahkan, buah salak sebagai awal dari sebuah pertemuan yang berakhir dengan cerita manis,

Sebagai tambahan, di Indonesia, Buah salak juga disebutkan merupakan salah satu jenis buah-buahan yang telah lama dibudidayakan tetapi kualitasnya masih bermacam-macam. Jenis salak menurut BaliAgrobag yang dibudidayakan di Bali, dari tempat yang berbeda biasanya kualitasnya juga berlainan.
Varietas salak yang dikenal paling baik ialah salak Bali, meskipun di pulau Bali sendiri juga kualitasnya bermacam-macam. 
Pohon yang buahnya sepet seterusnya akan menghasilkan buah yang sepet, demikian pula pohon yang buahnya manis seterusnya akan menghasilkan buah yang rasanya sama. 
Salak (Salacca edulis Reinw.) merupakan tanaman yang termasuk dalam Divisio Spermatophita, Sub Divisio Angiospermae, Kelas Monokotil, Ordo (suku) Spadiciflorae, Famili Palmae, genus (keluarga) Salacca, spesies (macam) Salacca edulis.
Manfaat buah salak bagi kesehatan juga disebutkan menurut Susiani Laroz Bwi yang telah dibagikan dalam artikel post di fb sebagaimana dijelaskan memiliki beberapa manfaat yaitu sebagai berikut :
  • Menjaga Kesehatan Mata | Buah salak mengandung betakaroten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dan salak juga lebih besar 5,5 kali dari buah mangga dan 5 kali lebih besar dari semangka.
  • Obat Diare | Ketika anda tidak berhenti-henti BAB atau Diare sebaiknya anda mengkosumsi buah salak ini, karena salak mempunyai serat yang tinggi sehingga dapat mampu mengobati diare.
  • Membantu Diet | Bagi anda yang ingin menguruskan badan atau Diet, maka buah salak baik untuk anda kosumsi. Dengan kandungan fitonutrien yang ada di dalam salak dapat membantu diet anda. Salak juga mempunyai 2mg Vitamin C. Kenapa serat bisa membantu? karena serat bisa membuat anda lebih cepat kenyang dan tahan lama.
Tapi, perlu juga anda ketahui. Jika mengkosumsi terlalu banyak dalam sehari akan berdamapak seblit atau susah buang air besar. Dan mengkosumsi buah salak yang benar dalam satu hari adalah sekitar 4-5 buah saja. 

Ketika memakan buah salak, banyak orang mengelupas atau membersihkan kulit ari salak. Dan hal tersebut salah, bahkan di kulit arinya mempunyai serat tinggi. 
Jadi, jika sekarang anda ingin mengkosumsi buah salak, janganlah lagi membuang kulit arinya.
***