Niwatakwaca

Arjuna dan Niwatakwaca.
Hindu Nusantara di fb
Niwatakwaca adalah manusia biasa, yang karena ketekunannya bertapa kemudian memperoleh restu dari Dewa Siwa sehingga memiliki kesaktian yang tak tertandingi di 3 dunia Tri Loka ini. 
Namun sebagaimana biasanya, Dewa Siwa selalu memberikan kelemahan dibalik setiap kekuatan : kelemahan Niwatakwaca adalah di pangkal lidah. 
Barangsiapa mampu menyerang telak di titik lemah itu maka Niwatakwaca akan mati. 
Maka diam2 Dewa Indra memerintahkan Bidadari Supraba turun ke bumi menemui Arjuna. 
Arjuna adalah satu2nya manusia yang memperoleh restu Dewa Siwa berupa ilmu Danurweda : ilmu yang membuat Arjuna mampu melepaskan anak panah secepat kilat dan mencapai titik sasaran tanpa meleset 1 mm pun. 
Dengan degup jantung tak menentu melihat kecantikan Bidadari Supraba, Arjuna memacu kereta kencana Dewa Indra untuk menemui Niwatakwaca dan menantang sebuah pertarungan. Pertarungan sengit pecah. 
Berhari2, Arjuna nampak mulai lelah dan kelihatannya akan segera kalah. Niwatakwacapun tertawa mengejek "hahahaha... ". Namun tiba2 tawanya terhenti ketika sepucuk anak panah yang dilepaskan Arjuna masuk melalui mulutnya yang terbuka dan menancap di pangkal lidah yang menjadi titik kematiannya.

***