Ngelekas

Ngelekas artinya kontaksi batin agar badan astral bisa keluar sebagai bagian ajaran dari aji pangliyakan dalam tantra tradisional di Bali yaitu dengan disebutkan menguasai panca gni aksara yang kadangkala diceritakan dilaksanakan pada saat malam pemagpag kajeng kliwon, menjelang tilem.
Murid diajarkan ngereh atau ngelekas, berada diluar badan, bagaimana cara melepas roh melalui kekuatan pikiran [dalam bahasa lontar MULIH SANGHYANG ATMA RING BAYU SABDA IDEP].
Apabila sedang mempersiapkan puja batinnya disebut angeregep pengelekasan. Sampai di sini roh orang tersebut bisa jalan-jalan dalam bentuk cahaya yang umum disebut endih.
Diceritakan karena ketidaktahuannya pada malam itu merupakan malam pemagpag kajeng kliwon, maka berangkatlah ia ke sawah sendirian. 
Hujan gerimis mengiringi langklahnya di kegelapan malam yang sunyi senyap. Tanpa pernah merasa takut sedikit pun karena sudah biasa di sawah pada malam hari. Tetapi ketika itu ia sedikit makesieng karena merasa sendirian. Tapi kemudian ia berusaha melawan rasa khawatir tersebut agar tidak ketakutan.
Ia pun kemudian sampai di sawah. Pengalapan (lubang saluran air) pun di buka agar air bisa mengalir ke petak sawah. Kondisi air tidak begitu lancar ketika itu, sehingga ia selalu mondar mandir mengontrol di petak sawah dan penajnag sungai. 
Siapa tahu ada sampah atau pepohonan yang menghambat jalannya air. Ia mengontrol, sampai di hulu sungai, dan akhirnya sampailah I Runtag diempelan atau grembengan atau bendungan kecil di kali.
Dengan rasa percaya diri I Runtag melangkah pasti di keremangan malam yang hanya di temani kunang-kunang, suara godogan, dan suara pindekan(baling-baling). Ia lalu melihat sesosok orang di dekat grembengan (bendungan air kali) tersebut. 

I Runtag pun dengan ramah menyapa orang yang belum jelas tersebut. Seperti biasa salam dari jauh mereka 
“weee… nyen to, ngudiang to ? ( eh, siapa itu, sedang apa di sana). Begitulah kata I Runtag dari jauh. 
Tapi orang tersebut sama sekali tidak menyahut setelah dipanggil beberapa kali. Selangkah kemudian I Runtag menuju ke grembengan mendekati orang yang dikiranya sama dengan dirinya sedang mencari air di sawah. Semakin dekat, sedikit jelas kelihatan sosok orang tersebut. 
Di lihatnya orang tersebut memakai kamben duur entud, memakai baju batik, tetapi mukanya belum kelihatan, dan tampaknya orang tersebut menyembunyikan mukannya dengan kain putih. I Runtag dengan tanpa curiga macam-macam, ia menyapa orang tersebut.
Mungkin tak tahan dengan keramahan I Runtag, akhirnya ia mencoba bersikap ramah pula kepada I Runtag. 

Ia pun menyahut sambil memperlihatkan wajahnya. 
Wehehehhhh…. Cang I Nyonyo Lambih, wehehehhhhh…. 
Demikian sahutnya, yang membikin I Runtag terkejut setengah mati. Karena dilihatnya wajah orang tersebut berubah seperti umah tabuan (bagaikan rumah tawon). Mukanya seperti celuluk dalam cerita calonarang
I Runtag pun lari tunggang-langgang, meloncati kali dan ngengsut (nyangkut) di pohon galing-galing danglagah yang ada di pinggir kali tersebut. Karena saking takutnya, ia tak merasakan sakit. Lari secepat mungkin biar sampai di rumah.
Akhirnya sampailah ia di rumah, yang membuat istri dan keluarganya kaget tengah malam. Ia kemudian menceritakan kejadian tersebut kepada keluarganya di rumah. Karena saking takut dan kagetnya ketika malam itu, I Runtag kemudian menjadi tidak enak selama seminggu di rumah. Untuk sementara urusan sawahnya diurus oleh anaknya yang paling sulung.
Berita tentang pengalaman I Runtag pun kemudian menyebar dikalangan petani di sawah dan di banjarnya. Banyak yang datang menengok dan bertanya kepada I Runtag di rumahnya ketika ia masih sakit. 
Datanglah suatu hari I Dayuh, teman akrabnya. Mereka bercerita seadanya. I Runtag pun ketika malam itu tidak tahu kalau malam tersebut adalah pemagpag kajeng kliwon, menjelang tilem.

Demikian diceritakan oleh kanduk supatra dalam ngobrol dengan celuluk, ditambah dengan suasana hujan gerimis disebutkan, maka itulah hari yang memang disukai oleh orang-orang untuk ngelekas.
***