Sihir

Sihir berarti dia yang telah berada dalam kesesatan yang jauh;
Dalam banyak sejarah dan banyak riwayat, dimana dalam misteri kitab sihir kuno calonarang di Bali sebagaimana diceritakan :
Dahulu pada masa Airlangga, hiduplah seorang balu atau janda yang sangat sakti bernama Dayu Datu dari Desa Girah yaitu Desa pesisir termasuk wilayah Kerajaan Kediri, yang ahli ilmu sihir dan mendirikan sebuah padepokan sihir.
Dayu Datu inilah yang kita kenal sebagai Calonarang.
Calon Arang menuliskan semua ilmu sihirnya kedalam sebuah “Kitab”, dan kitab sihir inilah yang dalam kisah “dicuri” atau diamankan oleh Mpu Bharadah, yang akhirnya berhasil mengalahkan Calon Arang.
Dan kini juga diceritakan, seolah masyarakat Bali sendiri pun telah tersihir oleh para pendatang, entah mengapa dagangan mereka begitu disukai. Mungkin bisa jadi karena mereka menawarkan sesuatu yang baru yang tidak dimiliki oleh para pedagang lokal di Bali yang sebagaimana disebutkan sampai kapankah Hindu etnis Bali akan bertahan ?, dimana oleh otetatsuya'blog diceritakan :
Ditengah majunya perputaran roda kehidupan, setiap musim semi berganti para pendatang berbondong-bondong datang ke pulau Bali yang sangat aku cintai ini. 
***