Tahukah Anda ? *) Pencarian data

Perbedaan Antara Atman & Roh

Perbedaan antara atman dan roh sebagai jiwa dan inti dari setiap mahluk hidup yang merupakan pelengkap dari unsur-unsur badan menurut Hindu Dharma disebutkan yaitu :
  • Roh merupakan suksma sarira sebagai jiwa dari setiap makhluk hidup; sedangkan 
  • Atman adalah penyebab kehidupan yang mana semua hasil dari karma melekat pada atman ini. 
Apabila seseorang yang sudah meninggal itu harus kembali lagi ke dunia, maka dia harus melepas suksma sariranya yang lama dan kembali ke dalam bentuk atman, kemudian akan mendapat suksma dan stula sarira yang baru. 
Makanya dia akan lupa bagaimana dia ada di kehidupan sebelumnya karena akal dan pikiran yang merupakan tempat penyimpanan memory ada pada sukma sarira sebelumnya. 
Apabila seseorang kehilangan rohnya/suksma sarira, orang itu tetap masih hidup tetapi tidak punya akal dan pikiran lagi dan akan mudah diombang-ambing.

Inti badan yang sebenarnya adalah atman, begitu atman terlepas dari badan kasar dan badan halus, maka kedua badan itu tidak akan diperlukan lagi. 
Sesuatu yang diciptakan sudah pasti lama kelamaan akan usang termakan usia dan tidak akan bisa digunakan lagi. 
Seperti diibaratkan sebuah komputer, dimana :
  • Badan kasar adalah perangkat kerasnya, 
  • Badan halus adalah perangkat lunaknya/software, 
  • dan listrik adalah atman. 
Apabila ketiga unsur itu berjalan normal, maka anda akan dengan mudah mengoperasikannya. Seandainya ada kerusakan pada perangkat keras, sudah tentu komputer tersebut tidak akan bisa digunakan lagi dan harus dilakukan penggantian alat baru bahkan komputer yang baru. 
Dan apabila ada kerusakan pada softwarenya, maka komputer itu masih bisa hidup tetapi tidak bisa digunakan.
Dan apabila listriknya mati sudah tentu tidak ada lagi yang bisa kita lakukan.
Jadi sama halnya Tri Sarira dengan perumpamaan di atas, badan kasar yang sudah rusak atau sudah usang sudah tentu tidak akan bisa digunakan lagi. Kalau sebuah komputer rusak mungkin anda bisa buang atau dijual ke tempat barang bekas. 
Bagaimana dengan tubuh manusia, apakah bisa dijual atau dibuang begitu saja? Tentu saja tubuh manusia tidak serendah komputer yang merupakan buatan manusia. 
Unsur penciptaan badan kasar terdiri dari 5 macam yang disebut sebagai Panca Maha Bhuta sebagai zat dasar yang membentuk lapisan mahluk hidup untuk membangun kesadaran jiwa.
***