Tahukah Anda ? *) Pencarian data

Hati Nurani Manusia

Semua orang juga memiliki hati; 
Tapi terkadang kebanyakan nurani mereka pada zaman sekarang ini tergadai pada Mr. Money seperti dikatakan oleh Ida Ratu Dalem yang dikutip dalam salah satu catatannya di Fb dan setiap orang disebutkan hendaklah dapat berpikir bijak.
Dan oleh umat Hindu Dharma dikatakan bahwa, moral selalu berkaitan dengan hati nurani manusia dan hati nuranilah yang menghimbau manusia untuk dapat berbuat sesuatu.
  • Kalau manusia ingin perbuatannya dinilai baik atau buruk,benar atau salah, maka manusia harus mengendalikan hati nuraninya. 
    • Jika hati nuraninya baik dan bersih sesuai dengan prilaku subha karma, maka perbuatannya akan menjadi layak dan patut; 
    • Sedangkan jika hati nuraninya penuh kedengkian yang dipengaruhi oleh prilaku tri mala, maka perbuatannya pun akan sama buruknya.
Sehingga demikianlah pentingnya pelaksanaan upacara yadnya seperti halnya :
  • Disaat bayi, dengan Banten pacolongan yang digunakan di dapur (paon) pada saat upacara kambuhan bertujuan untuk dapat membebaskan dari pengaruh-pengaruh negatif tri mala dalam memelihara kebenaran.
  • Ngusaba Nini/Desa yang diiringi dengan lantunan dharma gita sebagai lagu suci kerohanian juga disebutkan bertujuan untuk dapat mewujudkan tegaknya hati nurani dalam memelihara kebenaran agar dapat menghindari prilaku yang penuh dosa.
***